Senin, 10 Februari 2014

Wikufest #3

Wikufest sudah sekitar 2 minggu yang lalu berakhir, tapi rasa semangatnya masih ada di hati saya. Tahun ini adalah tahun pertama saya mengikuti acara ini, karena tahun ini sudah kelas 2 dan tahun lalu saya masih kelas 1.
Oh iya, wikufest itu acara tahunan sekolah saya, smk telkom, yang berupa seminar edukasi 2 hari penuh. Wikufest ini penyelenggaranya kakak-kakak alumni loh! Jadi, ikatan alumni di sekolah saya itu kuat banget, mereka yang dulunya bahkan angkatan 1, 2 itu masih peduli ke adik-adiknya dengan berpartisipasi memberikan acara ini. Keren kan? :b

Wikufest tahun ini diselenggarakan tanggal 24-25 januari 2014, hari jum'at sama sabtu. Hari kamisnya, saya dan peserta lain dibebaskan untuk memilih kelas mana yang dipengenin. Tapi, karena saking antusias dari pesertanya, sistem web wikufest.org nggak bisa berjalan dengan baik. Muncul buayanya gitu lah.. sayangnya saya nggak punya gambarnya hehe -_-

Saya sempat foto di banner wikufest pas hari kamisnya hehe :D


Dan akhirnya sistemnya direset karena banyak pro-kontra, jadi hari berikutnya para peserta harus login lagi, milih kelas lagi. Jadwal saya pun berubah. Ini jadwal saya yang fix :


Sebelum acara hari pertama mulai, saya dan teman-teman ke kelas dulu. Katanya sih, pembagian perlengkapan gitu. Eh ternyata nggak jadi dibagikan di kelas. Dan, akhirnya dijadiin ajang foto-foto sama teman-teman.

Foto sekolah saya yang saya upload ke instagram saya sebelum acara dimulai

Perlengkapan wikufest

Wikufest tahun ini mengambil tema "Techno Startup".
Session pertama ini dibuka dengan mbak +Aulia Halimatussadiah keynote speaker tahun ini. Mbak Ollie ini CTO dan co-founder nulisbuku.com, co-founder kutukutubuku.com . Twitternya Mbak Ollie. Mbak ini menginspirasi sekali, semoga tahun depan mbak Ollie datang ke wikufest lagi dan saya bisa ikut kelasnya mbak Ollie, hehe :)
Setelah itu, saya dan teman-teman peserta lain langsung menuju ke kelas masing-masing.

Session kedua : Learn How UX/UI Works For Digital Startup
Kalau menurut jadwal, harusnya bukan materi ini yang saya dapat. Tapi karena kelasnya betul, terus setelah itu panitia mengonfirmasi ada perubahan jadwal, akhirnya saya dan teman-teman yang sekelas fine-fine aja. Kita malah seneng karena pematerinya mas +Caesar Aldhela , CEO-nya hellonemo, yang juga alumni moklet angkatan 13. Materinya keren, menginspirasi banget, saya jadi semangat karena materinya tentang design. Oh iya, ada mas +Yofie Setiawan juga yang waktu itu nemenin mas caesar di kelas. Saya waktu itu sempat foto sama mas yofie sama mas caesar, huhu tapi fotonya masih di hapenya teman saya dan belum minta -_-

Session ketiga : Hack Your [Digital] Carreer Ala Startup Company
Pematerinya mas +Irwan Fahmy , co-founder pulsk.com, alumni moklet juga yang angkatan 13. Keren bangetlah, ngasih materinya enak, gampang dimengerti, masnya friendly juga. Mas ini berani ngambil tantangan, terbukti dari apa yang udah berhasil dibikin sama mas irwan fahmy selama ini. 

Session keempat : Berani Memulai
Kalo yang ini yang ngasih materi mas Arif Widianto, co-founder and lead developer di PT.Digdaya. Materinya tentang bisnis gitu, awesome! Saya yang emang pengen belajar bisnis (tapi masih abal-abal selama ini wkwk) jadi sedikit ngerti di dalemnya itu gimana bla bla bla. Tahun depan datang lagi, mas :))

Setelah session keempat, ada games di lapangan, terus pulang. Meskipun capek, tapi seru! Saya sendiri dapet ilmu baru, ketemu orang-orang hebat yang notabene adalah kakak alumni, pengalaman baru, foto juga haha. Tapi rasanya kalo bisa foto sama orang-orang hebat itu ada semacam sugesti untuk bisa jadi seperti mereka. Aamiin insyaAllah terkabul suatu saat nanti :)
Hari Kedua
Nah, udah hari kedua aja nih. Di hari kedua dan hari terakhir ini saya datang lebih pagi dari hari sebelumnya, dengan niatan untuk foto-foto sekosan. Hehe, kami memang seperti itu,
Yeaay, this is us! From left : ariska, afifah, me, khania
Sebenernya kurang satu, rizal. Tapi dia nggak dateng-dateng yaudah tinggalin ajadeh~

Sama teman sekamar, afifah

Setelah itu saya nyari temen-temen lain buat bareng-bareng di aula, karena saya hari itu seharian di aula. Saya sama fitri, avis, priska. Session pertama itu kelasnya mbak rara, Support Mozilla Project. Mbak rara ini mozillian yang keren bangetlah, seorang dentist dan blogger juga. Mbak rara ngasih tau, kalau kita meskipun masih smk bisa berpartisipasi di mozilla, ada banyak pilihan mau berpartisipasi di bidang apa, jadi semua orang yang pengen ikut berpartisipasi bisa menyumbangkan idenya disana.

Ini setelah session pertama, foto sama mbak rara. 

Terus di sesi kedua itu mas Kuncoro, chairman-nya IEEE. Terus sesi ketiga itu mas Reney Mosal, dan materinya tentang startup. Keren bangetlah, bisa dapat ilmunya, ketemu orangnya langsung. Masnya friendly juga :D

Setelah itu ada mentor meetup, saya ikutan di mozilla again, pengen tahu lebih banyak sih soalnya hehe. Ada mas Dwi Hardyanto loh, keren bangetlah. Disitu diceritain tentang mozilla summit kemarin yang sempat ada kakak kelas saya yang diundang, mozilla project itu gimana plus free tanya jawab tanpa sungkan.
Terus habis itu ada game, terus renungan. Saya nangis banget karena itu tentang orang tua gitu. Pak Judi Suharsono, hehe orangnya asik loh!

Oh iya, di wikufest ini banyak alumni yang datang, mbak +Ghea Safferina, mas +Ilham Farobbi, mas +Dany Rizky, banyak lah, tapi sayangnya sekali lagi, nggak sempat minta foto karena sudah banyak yang minta foto ke mbak masnya, jadi berasa sungkan mau minta foto bareng. 
Acara hari kedua selesai pas maghrib. Saya langsung pulang, beberes terus persiapan ke sekolah lagi buat ikutan kopdar mozilla di sekolah. 

Saya 'nyelempit' karena nggak mungkin berdiri di depannya banner, jadi ya sebisanya deh :D

Sepulang itu, saya jadi semakin semangat buat merancang masa depan saya nantinya. Wikufest memberi saya pelajaran, cerita, pengalaman, hal, teman, ilmu baru. Bismillah semoga Allah meridhoi dan melancarkan semuanya, Aaamiin :)