Minggu, 24 November 2013

Praktikum ASP #5

#Menggunakan Server Control

Assalamualaikum =))
Selamat siang teman-teman, hehe saya balik lagi :D
Alhamdulillah saya masih bisa share ilmu hehe, ya mungkin nggak seberapa penting, tapi jika ada yang membutuhkan atau sedang berkeinginan untuk belajar tentang pemrograman, mungkin ini bisa sedikit membantu. Hehe, sudahlah, saya kebanyakan basa-basi ya? Hehe maaf.

Jadi, sekarang saya mau memberi tutorial tentang bagaimana cara membuat sebuah form inputan biodata di Visual Studio 2012. Sebenarnya, sebelum langsung mempraktekkan form ini, ada sekitar 10 praktikum yang dipelajari terlebih dahulu, tapi karena praktikum itu sudah dipelajari di modul, jadi saya nggak membahas tentang praktikum tersebut. Jadi, silahkan mempraktekkan apa yang ada di modul terlebih dahulu, hehe. Saya akan langsung ke tugasnya saya, membuat form inputan biodata di VS 2012.
Berikut langkah - langkahnya :

1.  Setelah membuka Visual Studio 2012, lalu klik pada tab Project, lalu pilih 'add new item', beri nama BIODATA.aspx (caranya sama dengan saat membuat new item pada praktikum A-J)


2. Ketikkan script berikut :

Script diatas digunakan untuk mendesign tampilan web. Scriptnya tidak harus seperti itu, bisa di inovasikan dengan yang lain. Itu masih sederhana hehe :D

3. Setelah itu, klik kanan pada 'BIODATA.aspx' lalu pilih view code. Ketikkan kode dibawah ini :


4. Setelah itu, simpan hasil kerja anda. Lalu jalankan dengan CTRL+F5. Maka akan keluar pada browser seperti ini :


Jika form tersebut diisi, maka hasilnya akan keluar seperti ini : 


Nah, alhamdulillah selesai juga. Selamat mencoba ya teman-teman, semoga berhasil. Error itu hal yang wajar kok, tapi nanti juga ada solusinya, asalkan tenang pas ngerjain :) 
Hehe see yaa, wassalamualaikum ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar