Sabtu, 28 September 2013

Praktikum PHP #3

#PRINT, PRINTF & ARRAY

Assalamualaikum ;)
Halo teman-teman, saya mau share ilmu lagi hehe. Kali ini masih tentang PHP, kayak postingan sebelum-sebelumnya. Hehe jangan bosen-bosen yaaa =))
Ini tentang data diri dengan menggunakan print, printf dan array.

Praktik Pertama

1. Pastikan Apache dan MySql di XAMPP anda telah aktif (running).


2. Buka editor kesukaan anda. Disini saya menggunakan Dreamweaver CS6.

  3. Klik File-New. Lalu akan muncul kotak dialog seperti ini.

 Pada 'Page type' pilih 'PHP', pada 'Layout' pilih '<none>' saja. Jika sudah, klik Create.

4. Jangan lupa untuk Save terlebih dahulu. (ini untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan)
Simpan dengan nama php3A.php


5. Ketikkan script dibawah ini :


<?php
Header('Content-type: text/plain');

$nama="NUR LATIFAH";
$panggilan="ATIK";
$kelas="XI TKJ 4";
$jarak="300";
$umur=16.00;
$agama="ISLAM";
$hobi="BLOGGING, DREAMING";
$cita="PROGRAMMER";

define("SEKOLAH","SMK TELKOM SANDHY PUTRA MALANG");
define("SAKU","300.000,00");

$saku=(int)SAKU;

print("RESUME DATA DIRI");

printf("\nNama Lengkap saya adalah %s",$nama.". Saya adalah siswa dari ".SEKOLAH);
printf("\nNama Panggilan \t\t : %s", $panggilan);
printf("\nUmur \t\t\t : %d tahun", $umur);
printf("\nKelas (2013) \t\t : %s", $kelas);
printf("\nAgama \t\t\t : %s", $agama);
printf("\nHobi \t\t\t : %s", $hobi);
printf("\nCita-cita \t\t : %s", $cita);
printf("\nUang Saku (perbulan)\t : Rp.".SAKU);
printf("\nJarak sekolah dengan tempat tinggal saya adalah %s meter lumayan ", $jarak);

($jarak>500) ? print ("JAUH") : print ("DEKAT");
echo (" bagi saya.");
printf ("\nDengan uang saku Rp.".SAKU." Alhamdulillah ");
($saku<500)? print "CUKUP": print "SISA-nya saya tabung";
echo (" untuk hidup saya selama sebulan.");

?>

6. Pada browser, ketikkan http://localhost/PraktikumPHP21/php3A.php . Inilah hasilnya >>


Praktik Kedua

Praktik kedua ini digunakan untuk menampilkan data diri dengan menggunakan array. Caranya hampir sama dengan praktik pertama, no. 3 dan 4. Saat menyimpannya, simpan dengan nama php3B.php (jangan lupa dengan ekstensi .php karena itu penting :D)
Yang berbeda dengan praktik pertama adalah scriptnya.


<?php
$biodata[0] = "NUR LATIFAH";
$biodata[1] = "ATIK";
$biodata[2] = "JOMBANG";
$biodata[3] = "17 SEPTEMBER 1997";
$biodata[4] = "SMPN 1 PERAK-JOMBANG";
$biodata[5] = "Jl. Danau Towuti G5 A12 Sawojajar-Malang";
$biodata[6] = "166";
$biodata[7] = "45";
$biodata[8] = "Programmer";
$biodata[9] = "ISLAM";
$biodata[10] = "Blogging, Dreaming";

print ("<center><font size=6 color=purple>RESUME DATA DIRI <br><br></font></center>");


print ("Nama Lengkap saya <font color=red>$biodata[0]</font>, biasa dipanggil <font color=red>$biodata[1]</font>. ");
print ("Saya lahir di <font color=red>$biodata[2]</font>, pada tanggal <font color=red>$biodata[3]</font>. ");
print ("Agama saya adalah <font color=red>$biodata[9]</font>. ");
print ("<br> Saya berasal dari <font color=red>$biodata[4]</font>. ");
print ("Sekarang saya tinggal di sebuah kos-kosan yang beralamat di <font color=red>$biodata[5]</font>. ");
print ("Tinggi badan saya adalah <font color=red>$biodata[6]</font> cm ");
print ("<br> dan berat badan <font color=red>$biodata[7]</font> kg. ");
print ("Saya bercita-cita menjadi seorang <font color=red>$biodata[8]</font>. ");
print ("Dan hobi saya adalah <font color=red>$biodata[10]</font>. ");

?>

Dan inilah hasilnya jika di run di browser eksternal (ketikkan http://localhost/PraktikumPHP21/php3B.php)



Keep trying teman-teman =))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar