Sabtu, 24 Agustus 2013

PHP di NetBeans

Hallo teman-teman :)
Setelah sebelumnya saya membahas tentang tutorial PHP dengan editor Dreamweaver, kali ini saya mau ngebahas PHP juga tapi dengan editor NetBeans.

Saya menggunakan NetBeans IDE 7.3.1. Oh ya, kalo mau nginstall, anda harus menginstall JDK terlebih dahulu, setelah itu baru bisa menginstall NetBeans. Kalo pas mau nginstall NetBeans, cari yang full version karena menurut pengalaman saya, jika tidak full version, maka ada beberapa aplikasi seperti PHP yang tidak include dalam software tersebut. Bagi yang belum memiliki masternya NetBeans, silahkan download disini (klik).

1. Jalankan NetBeans.

2. Klik pada File, lalu klik New Project. Maka akan muncul tampilan seperti ini :


Klik pada 'PHP' lalu 'PHP Application with Existing Sources'. Lalu, klik 'Next'

3. Maka akan muncul tampilan seperti ini :


Pada Sources Folder, klik Browse, lalu pilih tempat anda menginstall XAMPP. Karena saya menginstallnya di partisi D, maka pada gambar tertulis D:\xampp\htdocs\PraktikumPHP21 . PraktikumPHP21 tersebut adalah nama folder yang saya buat untuk praktek PHP.
Pada Project Name, isikan nama project anda. Lalu, klik Next.

4. Maka akan muncul tampilan seperti ini :

 Klik Finish.

5. Klik tanda (+) pada Source Files yang berada pada project list di sisi kiri NetBeans. Jika anda sudah menyimpan hasil kerja anda pada praktek PHP yang pertama dengan editor Dreamweaver (klik) , maka akan muncul list yang dengan nama 'helloworld.php' .


6. Jika belum, maka ketikkan script berikut :


7. Jalankan hasil kerja anda dengan tekan Shift+F6 atau dengan klik 'Run' lalu klik 'Run project'.



Selamat Mencoba teman-teman :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar