Sabtu, 24 Agustus 2013

PHP di Dreamweaver

Hai, kali ini saya mau sharing ilmu, tentang pelajaran di sekolah saya hehe. Yang mau saya bahas adalah PHP. PHP disini bukan Pemberi Harapan Palsu ya teman-teman :)

PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal), yang merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Saat itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Sebagian besar sintaks mirip dengan bahasa C, Java dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik. Sedangkan tujuan utama penggunaan bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web menulis halaman web dinamik dengan cepat.

Berikutnya, saya akan menunjukkan tutorial untuk mengaplikasikan PHP ini di browser seperti chrome, firefox, dan yang lain. 

1. Pastikan anda telah menginstall XAMPP. Saya disini menggunakan XAMPP 1.7.2 . Pastikan juga bahwa Apache di XAMPP anda telah aktif (running).


2. Buka Dreamweaver anda. Saya memakai Dreamweaver CS 6.



Lalu klik Site, klik New Site.

3. Maka akan muncul tampilan seperti ini : 



Pada site name, ubah nama site anda. Disini, saya mengubahnya dengan PraktikumPHP21. Lalu, pada Local Site Folder, klik gambar folder, lalu pilih folder instalasi XAMPP anda. Karena saya menginstall XAMPP di partisi D, maka saya memasukkannya di D:\XAMPP\htdocs\PraktikumPHP21 . Jika sudah, maka klik Save.

4. Ketikkan script berikut :


Jika sudah, maka simpan hasil kerja anda, dan lihat hasilnya.

5.  Buka browser anda (chrome/firefox) lalu ketikkan http://localhost/PraktikumPHP21/helloworld.php (helloworld tersebut adalah nama file saya, jika nama file anda berbeda, maka setelah  http://localhost/ ketikkan nama folder anda (folder yang anda buat dalam htdocs) setelah itu ketikkan nama file anda)


Itulah sedikit tutorial dari saya, insyaAllah lain waktu saya akan sharing ilmu lagi. Semoga bermanfaat ya teman-teman :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar